Thursday, October 27, 2016

Microsoft Meluncurkan Desktop PC Pertama

AMERIKA Trends Search - Microsoft nampaknya mencoba tuk nyalakan percikan kreatif di bawah industri komputer pribadi.

Pada hari Rabu (26/10) atau hari ini waktu Indonesia (27/10), perusahaan, yang berbasis di Redmond, Washington, meluncurkan komputer desktop pribadi yang disulap menjadi sebuah meja bergambar digital.

Microsoft Meluncurkan Desktop PC Pertama
Surface Studio, perangkat baru yang pihak perusahaan menyebutnya sebagai PC desktop pertama ini, juga merupakan pengingat akan kehadiran hardware Microsoft yang berkembang dari industri yang dulu diserahkan sepenuhnya kepada mitranya.
Melalui sebuah acara di New York itu, Microsoft juga mengumumkan update terbaru untuk sistem operasi Windows 10-nya yang dirancang untuk berkreasi, memanipulasi dan melihat objek 3 D dengan lebih mudah.

Mesin perangkat baru Microsoft ini adalah spesimen ‘ganteng’ dengan kategori PC all-in-one terbaik yang dicontohkan oleh iMac Apple. Memiliki body aluminium yang ramping dengan layar 28-inci. Microsoft juga menunjukkan perangkat aksesori baru yang disebut Dial Surface, memberikan pengguna cara yang tepat untuk memperbesar gambar dan melakukan tindakan lainnya.

"Produk ini kami yakini benar-benar akan membawa keluar kreasi dalam diri kita semua," kata Panos Panay, wakil presiden perusahaan Microsoft.

Sayangnya, Microsoft PC terbaru tersebut dijual terbatas pada musim liburan ini dan tidak dapat dimiliki semua orang, karena harganya dibandrol $ 2.999 (atau bila diRupiahkan sekitar 39 juta rupiah), kata Mr Panay. Target penjualan memang dikhususkan bagi para Arsitek, desainer produk dan para insinyur.

Surface Studio lebih ke layar sentuh sensitif, yang membuatnya seperti tablet raksasa yang dapat difungsikan menggunakan tangan ataupun stylus. Engsel yang terpasang pada perangkat, memungkinkan pengguna memposisikan sudut layar, sehingga mereka bisa menulis dan menggambar di atasnya lebih natural.

Microsoft Meluncurkan Desktop PC Pertama

J.P. Gownder, seorang analis di Forrester Research berpikir bahwa perangkat baru Microsoft memungkinkan untuk berpartisipasi dalam high end dari pasar PC. Di mana, margin keuntungan cenderung lebih gemuk. Dilaporkan, selama kuartal terakhir, Microsoft mengatakan telah meraih pendapatan $ 926 juta dollar dari Surface, naik 38 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Seperti komputer Surface Microsoft sebelumnya, termasuk laptop dan tablet, Surface Studio juga dimaksudkan untuk menginspirasi pembuat PC lainnya, kata Mr Gownder.

Penjualan market PC mengalami kemerosotan panjang. Pengapalan PC baru pada kuartal ketiga, turun 3,9 persen dari tahun sebelumnya, menurut perusahaan riset teknologi , IDC.

Microsoft mengatakan, versi terbaru dari sistem operasi akan dirilis awal tahun depan. Windows 10 Kreator Update, bertujuan untuk merespon minat yang terinspirasi dari citra 3-D melalui teknologi baru seperti virtual reality.

Perusahaan ini mendemonstrasikan bagaimana sebuah gambar 3-D istana pasir, dengan mudah ditangkap pada smartphone dan kemudian diedit ke kartu ucapan di Windows 10 dengan memakai aplikasi terbaru yang terpasang dalam software.

Kepala eksekutif perusahaan, Satya Nadella, mengatakan produk baru Microsoft ini diperuntukkan bagi orang-orang yang membutuhkan lebih dari pada sebuah komputer biasa.

"Kami adalah perusahaan yang berdiri sebagai pembangun, pembuat dan pencipta - inilah kami," kata Mr Nadella, "Setiap pilihan yang kita buat adalah tentang menemukan keseimbangan antara konsumsi dan ekspresi kreatif"

Microsoft juga mengatakan beberapa perusahaan hardware, termasuk HP, Dell, Lenovo dan Asus, akan merilis headset virtual reality pada musim liburan berikutnya yang dapat digunakan di PC Windows 10. Headset akan dipatok mulai dari harga $ 299, sebanding dengan ratusan dolar yang dikeluarkan untuk headset.

SUMBER : NEW YORK TIMES
Load disqus comments

0 comments