Friday, May 27, 2016

Google Doodle Hari Ini, Sosok Wanita Dari Tanah Arab "Faten Hamama"

Namanya Faten Hamama, lahir pada tahun 1931 dari sebuah keluarga Muslim di Mansoura, Mesir. Ayahnya, Ahmed Hamama, adalah pegawai di Kementerian Pendidikan Mesir sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Muneer, Layla, dan seorang adik laki-lakinya bernama, Mazha.

Ketika berumur enam tahun, Hamama dibawa oleh ayahnya ke teater untuk menonton sebuah film karya Assia Dagher. Saat penonton tepuk tangan pada Assia, Hamama lalu berkata pada ayahnya, bahwa ia merasa bahwa mereka memberi tepuk tangan pada dirinya. Menurut Hamama, ia memang terinspirasi oleh Assia Dagher.

Google Doodle Hari Ini, Sosok Wanita Dari Tanah Arab Faten Hamama

Ketika ia memenangkan sebuah kontes kecantikan anak-anak di Mesir, ayah Hamama mengirimkan foto ke sutradara Mohammed Kareem yang saat itu mencari seorang anak perempuan untuk berperan sebagai gadis kecil bersama dengan aktor dan musisi terkenal Mohamed Abdel Wahab dalam film Yawm Said (يوم سعيد, Hari Bahagia, 1939).
Setelah melalui sebuah audisi, Abdel Wahab memilihnya untuk memainkan peran tersebut. Dan mulai saat itu orang-orang mulai memanggilnya dengan sebutan "Kuil Shirley Milik Mesir".
Empat tahun kemudian, ia dipilih kembali oleh Kareem untuk peran lainnya dengan Abdel Wahab dalam film Rossassa Fel Qalb (رصاصة في القلب, Bullet in the Heart, 1944). Dan dalam film lainnya pada dua tahun berikutnya, Dunya (دنيا, Universe, 1946).

Ketika usia Hamama semakin beranjak tua, peran aktingnya mulai menurun dan film-filmnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan sebelumnya, namun film-filmnya selalu sukses. Ia pun membintangi serial mini TV Dameer Ablah Hikmat (ضمير أبلة حكمت, Mrs. Hikmat's Conscience yang merupakan penampilan perdananya di layar televisi.

Setelah 1993, karirnya terhenti. Ia tidak berkarir hingga pada tahun 2000, dimana ia kembali dalam serial mini TV sukses Wajh ِِal-Qamar yang disiarkan di 23 saluran TV di Timur Tengah.

Faten Hamama meninggal pada 17 Januari 2015, pada usia 83 tahun karena masalah kesehatan. Putranya Tarek Sharif tidak menyebutkan penyebab kematiannya secara rinci. (Sumber: Wikipedia)
Load disqus comments

0 comments