Sunday, May 22, 2016

Percaya Atau Tidak, Tahi Telinga Bisa Jadi Obat

Segala sesuatu yang diciptakan tentulah ada maksud dan tujuan tersendiri. Tak terkecuali Tahi Telinga yang tiap enam bulan sekali mesti dibersihkan. Pun cara membersihkan bagi tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang mendatangi langsung/mengunjungi Dokter THT, memakai cotton bud, kunci kamar, memakai biji korek api ataukah menggunakan bulu ayam.

Namun cara-cara membersihkannya haruslah hati-hati, apalagi jika kebiasaan selama ini memakai cotton bud. Saking asyiknya korek kuping tanpa disadari cotton bud tertinggal di dalam lubang telinga. Bukannya menjaga kebersihan telinga malah membuat permasalahan baru. (Foto/Gambar: Google Search)

Percaya Atau Tidak, Tahi Telinga Bisa Jadi Obat

Selain sebagai pelindung telinga dari bakteri dan infeksi, Serumen begitu istilah kedokterannya ternyata dapat juga dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan. Kendati mungkin ini kedengarannya sangat aneh dan belum ada uji klinis khusus yang membuktikan.
Memang, saat kali pertama mendengar ini antara percaya dan tidak, karena bagaimana mungkin kotoran telinga bisa dijadikan obat. Tetapi setelah mengalami sendiri, akhirnya percaya juga kegunaannya.
Saat itu coba praktekkan teknik-teknik tangkap ular yang dilihat di TV atau lebih tepatnya Sok jago tangkap ular, sekaligus ular yang rencananya mau ditangkap untuk menakut-nakuti teman, namun kenyataannya tidak seperti yang diharapkan. Ular yang ditangkap dari dalam got malah menggigit jari telunjuk.

Perasaan geli bercampur takut diabaikan sehingga saat menangkap ular tersebut jari telunjuk masuk ke mulut ular yang menganga. Untung saja jenis ularnya tidak berbisa alias ular air. Memang ularnya berhasil ditangkap, tetapi lama-kelamaan jari begitu perih seperti diiris silet. Dan darah pun mengalir.

Kemudian teringat dengan cara pengobatan dengan kotoran telinga ini. Alhamdulillah, kotoran telinga dioleskan di luka yang terkena irisan gigi ular tadi dan darah yang tak berhenti keluar dari jari telunjuk bisa diatasi. Rasanya sedikit sakit saat mengolesi kotoran telinga ini, namun pertolongan pertamanya berhasil.

Pada intinya, fungsi tahi telinga adalah sebagai penahan atau penghenti pendarahan pada luka kecil, seperti juga apabila diiris silet ataupun luka-luka lain yang pendarahannya ingin dihentikan. Sekian
Load disqus comments

0 comments