Monday, December 05, 2016

Walikota Dan Dua Wartawan Ditembak Mati Pria Bersenjata Di Kota Imatra Finlandia

FINLANDIA Trends Google – Lagi-lagi penembakan terjadi di belahan bumi sana, menewaskan tiga orang wanita dekat restaurant hannah Summers, di Kota Imatra, Finlandia.

Seperti yang dilansir melalui situs the Guardian.com, bahwa ketiga korban penembakan tersebut adalah seorang walikota dan dua orang wartawan.

Walikota Dan Dua Wartawan Ditembak Mati Pria Bersenjata Di Kota Imatra Finlandia
Mereka ditembak di kepala dan dada oleh seorang penembak jitu (sniper) yang menembaki sebuah kawasan pejalan kaki di distrik nightlife, tepat sebelum tengah malam pada hari Sabtu waktu setempat (3/12).
Dari konfirmasi pihak Kepolisian mereka menegaskan, bahwa seorang pria berusia 23 tahun telah ditahan setelah insiden penembakan di luar sebuah restoran yang menewaskan Tiina Wilen-Jappinen, dan dua wartawan.

Ketiga korban tewas itu tampaknya menjadi sasaran dari penembakan acak. Mereka (pihak Polisi) mengatakan saat dilakukan penangkapan, tersangka kooperatif dan tidak melawan ketika ditangkap.

Para korban, dua orang berusia 50-an tahun dan satunya lagi berusia sekitar pertengahan 30-an tahun. Ketiganya mengalami beberapa luka tembak dari senapan berburu. Adapun motif di balik serangan penembakan di Imatra itu tidak ada unsur politiknya.

Saku Tielinen, yang memimpin penyelidikan mengatakan, tersangka diketahui memiliki catatan kriminal termasuk insiden kekerasan dan pencurian. Namun Saku Tielinen menolak memberikan informasi seputar tersangka atau memberikan rincian si penembak,

"Tidak ada indikasi motif politik. Tampaknya pria bersenjata dan korban itu tidak mengenal satu sama lain, "kata Tielinen, "indikasi penembakan adalah bahwa ia (si tersangka) memilih korbannya secara acak"

Walikota Dan Dua Wartawan Ditembak Mati Pria Bersenjata Di Kota Imatra Finlandia

Saksi mata mengatakan, ada banyak orang pada saat serangan itu, yang mana mereka segera bergegas meninggalkan kota dalam keadaan panik, "Kami memutuskan untuk membuka call-centre pengaduan krisis pasca penembakan terjadi tepat di tengah-tengah pusat kota dekat restoran dan klub malam," kata Saara Raudasoja, juru bicara distrik kepedulian sosial dan kesehatan bagian Selatan Karelia.

Dia menambahkan: "Di kota sekecil ini, insiden semacam itu terbilang cukup besar dan membuat banyak orang shock,"

Dari populasi 5,4 juta orang, setidaknya ada sekitar 650.000 orang yang resmi terdaftar untuk kepemilikan senjata di Finlandia. Negara ini memiliki sejarah panjang dalam tradisi berburu. Dalam dekade terakhir semenjak insiden dua penembakan yang terjadi di lingkungan sekolah, aturan hukum untuk kepemilikan senjatapun mulai diperketat.

Kendati demikian, keesokan harinya warga Finlandia menunjukkan rasa simpati atas tragedi tersebut. Mereka secara berkelompok berbondong-bondong mendatangi TKP menaruh tanda berduka cita dengan menaruh sebuah boneka berbentuk wajah anak perempuan yang rambutnya dikepang dua, serta menyalakan lilin di depan lokasi kejadian.

Finlandia saat ini sedang menjalani musim dingin. Jelang Natal, seluruh jalan menjadi putih tertutup salju. Namun bercak darah korban masih terlihat jelas di atas putihnya salju. Di sana lah warga menaruh penghormatan terakhirnya.

Imatra adalah kota dan kotamadya di Finlandia timur. Imatra didirikan pada tahun 1948 di wilayah tiga kota yaitu Jääski, Ruokolahti dan Joutseno.

Inilah sebabnya mengapa Imatra memiliki tiga lambang. Untuk menghormati orang-orang kota sebelumnya yang telah menyerahkan daerah itu. Imatra didominasi oleh Danau Saimaa, Sungai Vuoksi dan wilayah perbatasan.

Di sisi lain perbatasan, yaitu 7 kilometer (4 mil) dari dari pusat Imatra, terdapat kota Rusia Svetogorsk.

Dalam sejarah motorsport, Imatra terkenal karena road races nya di tahun 1963 hingga tahun 1986. Dan di tahun 1962 sampai tahun 1982, Imatra merupakan tuan rumah dari Finnish motorcycle Grand Prix.

SUMBER: THE GUARDIAN, Wikipedia
Load disqus comments

0 comments